22 Tipe Posting Blog yang Menarik ( bagian 2 )

Lazada Indonesia

rahasia blogging Tipe Posting selanjutnya sebagai berikut :

12. Motivasi. Artikel jenis ini bertujuan memotivasi orang. Seperti mengajak orang untuk bangkit dan optimis dalam hidup. Intinya, mengobarkan semangat dan optimisme agar tak pernah menyerah. Artikel jenis ini sangat dinanti dan membuat pembacanya serasa mendapat suntikan semangat baru setelah membacanya.

13. Postingan berisi link ke blog lain. Saat ini, postingan jenis ini sangat mudah ditemukan di banyak blog. Intinya, terdapat link yang mengarah ke blog lain. Tujuan dari link tersebut untuk memberikan informasi yang lebih lengkap tentang suatu hal. Dengan link tersebut, pengunjung sangat terbantu karena mendapatkan penjelasan yang lebih komplet. Bagi pemilik blog sendiri, memberi link bisa menguatkan hubungan dengan blogger lain.

14. Kritik. Artikel ini berisi kritikan terhadap suatu produk, jasa, perusahaan, dan lainnya. Biasanya kritikan ini disertai dengan argumentasi yang jelas serta solusinya. Artikel semacam ini banyak dicari pengunjung untuk mengetahui kekurangan suatu produk. Sedang bagi pemilik produk berguna untuk meningkatkan kualitas.

15. Debat. Artikel ini biasanya berisi hal yang bertentangan. Anda cukup memberikan beberapa alternatif jawaban dan meminta pengunjung untuk memilih disertai alasannya. Artikel jenis ini bisa meningkatkan interaktivititas dengan pembaca. Dijamin komentar blog anda juga akan membludak.

16. Postingan negatif. Isi postingan ini biasanya hanya menyoroti sisi jelek suatu hal. Tanpa mengemukakan sisi positifnya. Dalam postingan jenis ini, suatu hal dituliskan secara lengkap daftar kekurangannya. Saran saya, sebaiknya anda tak menuliskan posting jenis ini. Sebab hanya akan mengobarkan permusuhan saja. Bukankah anda blogging untuk mencari teman?

17. Kecaman. Mirip dengan yang di atas, tapi yang ini lebih keras. Postingan artikel tipe ini berisi kecaman, makian, atau hujatan terhadap sesuatu. Kadang tanpa diberi alasan yang jelas. Yang penting, isinya menyalahkan. Kata-kata kasar pun sering dipergunakan. Tipe posting semacam ini cepat menarik perhatian. Namun, cepat pula meruntuhkan reputasi anda. Karena itu sebaiknya anda tak perlu buat.

18. Posting sindiran. Artikel jenis ini menyindir suatu hal namun disampaikan kadang dengan samar. Bagi pengunjung perlu memahmi konteksnya dan sering perlu membaca berkali-kali untuk memahaminya.

19. Komentar. Artikel jenis ini berisi komentar dari suatu hal. Biasanya sebelumnya, anda dahului dengan sebuah permintaan berkomentar kepada pengunjung tentang suatu hal. Kemudian komentar dari para pengunjung itu anda kumpulkan dan pilih dalam posting khusus. Tak lupa anda memberi tanggapan terhadap masing-masing komentar. Postingan jenis ini bisamenguatkan hubungan dengan para pengunjung blog anda.

20. Kilas balik. Artikel jenis ini menyampaikan kilas balik perjalanan suatu hal. Bisa berupa blog, website, atau yang lainnya. Dalam posting ini diceritakan secara gamblang segala hal yang terjadi. Umumnya posting ini dilakukan pada menjelang akhir tahun sebagai cerminan atas pencapaian yang diraih.

21. Prediksi. Nah kalau yang ini kebalikannya. Berisi prediksi atau perkiraan suatu hal. Misalnya tentang prediksi bisnis internet tahun 2009. Anda bisa analisis yang telah terjadi dan kemudian memprediksi yang akan terjadi berikutnya. Biasanya postingan ini dilakukan pada akhir tahun. Sedang untuk prediksi produk, biasanya dituliskan sebelum atau beberapa saat setelah peluncuran produk. Postingan prediksi sangat menarik dan kerap memancing perdebatan hangat.

22. Pengandaian. Artikel jenis ini berisi tentang suatu hal yang belum terjadi. Cirinya biasanya berjudul “Seandainya...”. Tentunya pengandaiannya tetap disesuaikan dengan topik blog. Sebagai contoh kalau topik blog anda tentang politik misalnya, anda bisa menulis “Seandainya Tukul jadi Presiden”. Artikel jenis ini kuat mengundang perhatian dan membuat gatal pengunjung untuk segera berkomentar.

Nah, itulah 22 tipe posting yang ada. Anda tak harus memasukkan semuanya. Cukup masukkan yang sesuai dengan karakter blog anda. Namun jangan pula hanya terpaku pada satu tipe saja karena mudah membuat pengunjung bosan. Gunakan beberapa tipe posting untuk membuat isi blog anda lebih menarik.

Lazada Indonesia

Share this: