Di mana ada traffic di situ uang mengalir...

Lazada Indonesia

Anda tak perlu terlalu merisaukan topik. Apapun topik anda, selama blog anda ramai, potensi blog anda menjadi sukses spektakuler tetap besar. Traffic adalah denyut nadi sebuah blog. Nah, jika dalam beberapa bulan pertama pengunjung anda mengalami peningkatan yang bagus, uang sudah ada di hadapan anda. Sekarang tergantung anda. Bisakah anda mengalirkan traffic ke blog anda? Apakah anda mampu memahami pengunjung anda? Apakah anda bisa mengerti motivasi, keinginan, dan kebiasaan mereka?

Produk manapun yang anda pilih, sebenarnya semua bisa laku keras di pasaran. Syaratnya, berikanlah apa yang pengunjung minta. Jadi sebelum membuat produk, pikirkan dulu siapa yang mau membeli produk anda. Pun, sebelum memulai blogging, pertimbangkan dulu siapa yang mau menjadi pengunjung anda. Tanpa adanya pengunjung, jangan banyak berharap blog anda bertraffic tinggi. Tanpa traffic, blog anda tidak punya ”darah” alias mati suri. Akhirnya, tidak ada pengunjung yang mau membeli produk anda karena anda tidak menjawab kebutuhan mereka.

Kesimpulannya, baiknya anda melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum membuat produk. Meski sekarang anda sudah mengantongi ide untuk membuat produk tertentu, tunda dulu! Jangan langsung eksekusi ide anda dan membuat produk yang sesuai keinginan anda. Lebih baik anda pelajari dulu keinginan pembaca. Produk apa yang mereka incar? Lalu bagaimana cara melakukan riset pasar?

Riset pasar berguna untuk menciptakan target market produk anda. Nah, cara paling efektif untuk menemukan pasar adalah dengan riset keyword. Nah, apa itu riset keyword? Mudahnya, ini adalah aktivitas riset sederhana yang harus anda lakukan untuk mengetahui seberapa besar potensi suatu keyword. Dan keyword potensial yang nanti anda temukan selanjutnya akan menjadi topik dalam bisnis atau blog anda. Dengan riset keyword anda akan tahu apa saja yang biasa pengunjung gunakan saat surfing di internet. Berapa tingkat permintaannya dan berapa website yang sudah menyediakan informasinya. Selanjutnya perbandingkan kedua hal tadi untuk mendapatkan angka yang diharapkan.

Lebih jelasnya, dengan riset keyword anda akan langsung tahu kebutuhan produk seperti apa yang diinginkan pengunjung saat online. Karena, anda akan langsung mengetahui kata-kata apa yang sering diketik di mesin pencari dan seberapa besar spider search engine menampilkan kata-kata tersebut setiap bulan. Keyword yang sering digunakan pengunjung inilah yang menjawab pertanyaan, “Apakah yang pengunjung butuhkan saat mereka datang ke internet?”  Dari sini kita bisa tahu apa saja produk yang jadi permintaan pasar. Dan seberapa besar permintaan dari pengunjung. Selain itu, riset keyword sangat membantu anda dalam menentukan kata kunci apa yang paling baik anda gunakan untuk tag blog anda. Jadi, ketika pengunjung mengetik kata kunci yang sama dengan yang ada di tag blog anda, ya blog anda yang akan keluar di halaman pencarian search engine.

Lazada Indonesia

Share this: