Topik Mana yang Paling Baik untuk Blog Anda?

Lazada Indonesia

Apa landasan anda dalam memilih topik blog? Apakah anda memilih topik A karena topic itu potensial mendatangkan uang? Atau karena anda menyukai topik ini? Anda tak bisa main-main dalam pemilihan topik. Karena topik blog akan menjadi acuan anda saat menulis konten. Dan anda harus konsisten pada topik anda. Tidak mungkin anda berganti-ganti tema konten setiap hari. Ini bisa merusak kredibilitas anda.

Memilih memang kadang tak mudah. Apalagi saat kita dihadapkan pada beberapa hal yang sama-sama menarik dan memikat hati. Begitu juga saat anda akan menentukan topik terbaik untuk blog anda. Saya yakin antara hati dan logika anda berperang dalam memilih topik. Apakah topik yang berpotensi profit atau topik yang anda sukai? Ini tantangan berikutnya yang harus anda taklukkan. Apa anda harus mengikuti hasrat dan kata hati anda? Atau lebih mementingkan logika perolehan profit?

Passion Vs Profits. Mana Yang Harus Anda Menangkan?

Secara garis besar, orang dihadapkan pada dua pilihan dalam menentukan topik blog. Pertama, topik yang memang sudah menjadi hobi dan kesenangan anda, atau kedua, topik yang berpotensi menghasilkan uang lebih banyak. Mari kita analisa satu per satu...

Pilihan pertama, anda memilih topik kesenangan anda.

Beberapa blogger menganjurkan untuk tak memikirkan uang. Karena besar uang yang datang bergantung besarnya kepedulian kita terhadap blog yang kita bangun. Saya paham, semua orang pasti tertarik dengan uang. Saya juga. Tapi, kita tidak bisa memaksakan diri untuk menggeluti hal yang tidak kita sukai meski sumber uang mengalir deras di situ. Sebaliknya, kita akan lebih termotivasi dan mudah menciptakan hal-hal baru dan menarik jika kita menekuni hal yang kita suka. Apalagi untuk urusan menulis konten. Kita punya kekuatan untuk menghasilkan konten yang paling baik karena kita menyukai topiknya. Kepala saya juga sering mengucurkan ide-ide cemerlang ketika saya sedang mengerjakan tema-tema konten favorit. Jika anda percaya topik yang anda sukai bisa mendatangkan profit, maka fokuslah di sana. Uang memang bisa jadi motivator utama anda. Tapi, bisnis blogging anda tentu tidak berjalan dalam waktu singkat, bukan? Selama kita masih bisa mengelola blog dengan baik, ya blog kita akan terus hidup. Jangan sampai anda memaksakan diri memilih topik potensial profit tapi pada akhirnya anda bosan. Karena, anda merasa tersiksa menjalankan yang bukan pilihan hati anda.

Pilihan kedua, anda memilih topik yang potensial mendatangkan profit.

Pilihan lainnya anda memilih topik yang memang benar-benar basah. Anda memilih topik yang anda sukai hasilnya. Karena fokus dalam blogging adalah untuk menghasilkan uang. Jika anda tipe orang yang percaya bahwa menyukai suatu hal itu memerlukan proses, silakan pilih topik blog yang potensial mendatangkan profit. Dan, kesampingkan topik favorit anda. Misalnya, saat ini anda tidak suka olahraga, tapi blogging dengan topik olahraga adalah sumber penghasilan memikat. Kalau anda percaya anda bisa mencintai olahraga seiring berjalannya proses blogging, anda harus ambil topik ini. Jangan tunda lagi.

Jangan khawatir anda akan cepat bosan karena harus sering menulis konten-konten berbau olahraga. Karena uang yang anda dapat dari blogging olahraga ini akan menghibur anda. Bahkan, anda bisa sangat mencintai olahraga tersebut jika topik ini berhasil membawa anda pada kesuksesan. Contoh lain, affiliate program. Seumpama anda bergabung dengan affiliate program yang menjual produk-produk fashion. Sementara anda bukan seorang fashionista, bukan orang yang mengikuti perkembangan mode. Bahkan anda cenderung “slengekan” dalam berbusana. Padahal, tugas anda sebagai seorang affiliate marketer adalah mempromosikan dan memasarkan baju dan beragam aksesoris. Tapi, saya jamin anda tak akan bosan menjadi affiliate marketer untuk produk ini. Karena anda terdorong oleh besarnya komisi affiliate yang bisa anda peroleh. Industri fashion tidak akan pernah mati. Semua orang suka tampil gaya, terutama wanita. Terlebih yang ada di kota-kota besar. Penampilan adalah segalanya. Jadi, manfaatkan saja kesempatan ini. Selama anda bisa mendapat banyak keuntungan, kenapa anda tidak berani menggelutinya? Just do it!

So, mana yang akan anda pilih? Sebisa mungkin, cari jalan tengah alias win-win solution. Pilih topik yang anda sukai sekaligus bisa mendatangkan profit. Keuntungan anda memilih topik favorit anda adalah, anda bisa cepat memahami pembaca anda. Anda mengenal pengunjung seperti mengenal diri anda sendiri. Betapa tidak? Anda dan pengunjung menyukai hal yang sama. Jadi, yang ada di pikiran pengunjung bisa anda pahami. Betul begitu? Anda berada dua langkah di depan. Pertama, anda bisa menciptakan konten menarik tanpa kesulitan sedikitpun. Kedua, anda cepat menghasilkan uang dari blog anda. Karena anda bisa meraba apa yang dibutuhkan pengunjung. Yang terpenting, konsistensi. Apapun pilihan anda, anda harus konsisten. Blogging yang sukses tidak bisa terlepas dari konsistensi anda dalam mengelolanya. Itulah kenapa anda harus memilih topik yang bisa menjaga mood anda. Anda ngeblog bukan untuk sehari dua hari. Dapatkah anda bertahan menulis konten secara teratur? Sekalipun topiknya tidak anda senangi? Maka, pertimbangkan baik-baik, apakah dalam waktu enam bulan anda mampu menulis topik yang anda pilih? Jika tidak, baiknya ambil topik yang lain.

Well... bisnis blogging perlu waktu sebelum ia berhasil mencetak uang di rekening anda. Dalam beberapa bulan pertama, jangan terlalu berharap anda bisa langsung mendapatkan penghasilan. Nah, jadikan ini sebagai pertimbangan. Mampukah anda menulis konten dengan topik yang tidak menarik hati anda selama beberapa bulan?

Lazada Indonesia

Share this: