Tips-Tips Khusus Menulis Artikel yang Memikat – tips ketujuh

Lazada Indonesia

ebook rahasia blogging Ada satu lagi tips dalam menulis artikel dalam blog. Trik berikut bukan hanya trik meningkatkan pengunjung, tapi juga melipatgandakan traffic, menambah daftar prospek, dan membuat pengunjung tergerak berkomentar di blog anda.

Anda penasaran? Berikut penjelasannya…

· Tutuplah dengan pertanyaan. Banyak blog tidak pernah memberikan ruang bagi pembaca untuk berpendapat. Anda bisa lihat, banyak blog yang menampilkan artikel-artikel berkualitas, tapi hampir tidak pernah ada yang memberikan kesempatan kepada pembacanya untuk memberikan komentar. Lho, bukannya kotak comment sudah siap sedia dalam blog tersebut? Ya, anda memang benar. Tapi, kotak comment hanyalah media dan perantara, bukan pendorong bagi pembaca untuk memberikan pandangannya tentang artikel tersebut.

Lalu, apa yang mendorong pembaca agar memberikan komentar? Pertanyaan! Ya, pertanyaan. Inilah yang harus anda lakukan. Sering-seringlah mengajukan pertanyaan di setiap akhir tulisan artikel anda. Jangan membuat artikel atau blog anda seperti “rumah angker” yang terkesan tidak pernah dikunjungi oleh orang lain. Sebagus apapun artikel anda dan seberapa banyak artikel yang anda tulis, itu semua akan sia-sia saja tanpa ada komentar dari pembaca anda. Untuk itu, setiap kali anda menulis artikel, upayakan menutupnya dengan memberi pertanyaan atau ajakan kepada orang lain untuk berpendapat. Buat pengunjung agar merasa anda ajak berdiskusi dan mengemukakan pendapatnya. Lagi pula, saat anda berhasil menggaet banyak komentar dari beberapa pengunjung, anda berarti telah berusaha meningkatkan traffic untuk kepentingan bisnis online anda. Ini sebenarnya rahasia pebisnis online yang sukses menarik sebanyak mungkin pengunjung ke dalam blognya. Mengapa? Ya, karena saat pembaca mengunjungi blog anda, anda secara otomatis telah mengetahui alamat blognya. Bahkan, tanpa disuruh pun, pengunjung kadangkala memberikan alamat email kepada anda agar dapat dikirimi informasi tentang update artikel terbaru dalam blog anda. Asalkan, anda benar-benar membuat pengunjung merasa puas dengan artikel yang anda tulis itu.

Anda masih bingung cara membuat pertanyaan dalam penutup artikel anda? Keterlaluan sekali jika anda masih tidak tahu cara membuat pertanyaan itu… Jangan ambil bingung, buatlah pertanyaan “bagaimana menurut pendapat anda?”, “apakah anda punya komentar lain tentang artikel ini?”, atau jika tidak ajaklah mereka untuk bergabung dan memberikan komentar pada artikel anda itu. Mudah, kan?

Lazada Indonesia

Share this: