Apa Yang Harus Dilakukan Jika Anda Buntu Menulis

Lazada Indonesia

blogwalking Anda tak tahu apa yang akan ditulis? Tiba-tiba saja pikiran anda buntu tak bisa mengeluarkan ide apapun. Padahal sudah satu jam anda ada di depan komputer. Tapi baru satu baris kata yang anda hasilkan. Lalu apa yang harus dilakukan? Jangan khawatir, saya ada tips yang bisa membantu anda:

 

 

1. Kunjungi blog lain. Cari posting yang menarik dan buatlah ulasan tentang posting tersebut di blog anda. Tambahkan dengan pendapat anda mengenai isi posting tersebut. Jangan lupa untuk menautkan link ke posting blog tadi. Tentu artikel yang anda tanggapi sebaiknya yang sesuai dengan topik blog anda. Menanggapi artikel orang lain lebih mudah. Karena paling tidak bentuk utuh sebuah artikel telah ada, dan anda tinggal menanggapinya saja. Anda bisa tanggapi sesuai struktur artikel tersebut. Soal pendapat, anda bebas. Anda bisa setuju atau tidak setuju terhadap isi artikel tersebut. Anda bisa setuju sepenuhnya atau cuma sebagian saja.

2. Tengok Ezine Articles.com. Carilah kategori yang berhubungan dengan topik blog anda. Silakan baca artikel yang menarik menurut anda dan tulislah inti artikel tersebut dalam bahasa anda sendiri. Kemudian anda tinggal mengembangkannya sendiri, disesuaikan dengan kondisi di blog anda.

3. Periksa komentar di blog anda (atau blog orang lain). Coba cari persoalan atau pertanyaan apa yang ditulis pengkomentar di sana. Dan anda tinggal menulis artikel sebagai jawaban atas pertanyaan tersebut.

4. Datangi forum. Dan lakukan hal yang sama seperti pada poin tiga. Cari apa yang menjadi persoalan bagi pengunjung dan anda bisa menulis jawabannya dalam posting anda.

5. Buat survey. Anda bisa bertanya pada pengunjung anda tentang apa yang sebaiknya anda tulis.

6. Baca kembali posting terpopuler di blog anda. Periksa baik-baik. Mungkin anda temukan hal yang belum diulas pada posting tersebut. Lalu anda bisa menuliskannya dalam posting baru. Tapi jangan lupa untuk membuat link ke posting yang lama.

7. Kunjungi social bookmark website. Cari artikel yang paling banyak dibaca di sana dan anda bisa tiru isi atau pola artikel tersebut. Tentunya tetap disesuaikan dengan topik blog anda.

Coba tips di atas, pasti anda tak lagi kebingungan apa yang harus dilakukan ketika buntu menulis. Cara ini sudah berkali-kali saya coba dan hasilnya selalu manjur.

Lazada Indonesia

Share this: