Rahasia Mendapatkan Komentar Berlimpah – part one

Lazada Indonesia

love Pada awal membuat blog, saya yakin anda tidak segera mendapat komentar yang berlimpah. Karena blog anda perlu waktu untuk dikenal. Tak kenal maka tak sayang. Nah, sama halnya dengan blog anda. Logikanya begini, setelah launching anda mungkin tidak mempersiapkan promosi blog dengan baik. Jadi, setelah blog anda eksis, tak banyak orang yang tahu. Kalau mereka tidak tahu, bagaimana mereka bisa mengunjungi anda?

Bisa saja anda mengandalkan search engine dan berharap pengunjung mengetik keyword anda dan tertarik mengunjungi anda. Ini bagus untuk traffic dan hits anda. Tapi sayangnya, pengunjung yang datang via search engine umumnya tidak mau banyak berkomentar. Bahkan menurut riset yang dilakukan Jakob Nielsen, hanya 1% pengunjung yang memberi komentar pada suatu blog. Artinya misalkan ada 100 pengunjung di blog anda, hanya 1 orang yang berkomentar.

Kalaupun mereka mengunjungi anda, biasanya mereka hanya akan membaca content anda sesaat dan melihat tampilan blog anda. Selain itu, tak jarang yang mereka lakukan adalah memeriksa daftar komentar anda dan melihat seberapa banyak komentar yang masuk. Jika komentar anda sedikit, biasanya respon mereka tidak begitu bagus. Dan, setelah mereka membaca content, baru mereka putuskan apakah blog anda pantas untuk selalu dikunjungi atau tidak. Jika ternyata konten anda tidak menarik, maka mereka akan menyimpulkan, “Oh, pantas saja blog ini sepi. Kontennya tidak menarik.” Lagi-lagi cuma content menarik yang bisa membuat pengunjung ‘betah’ di blog anda. Pengunjung baru biasanya enggan memberikan komentar. Mereka hanya akan memberikan komentar pada posting yang benar-benar memikat atau mengundang kontroversi.

Nah, untuk mengakali mereka, anda tentunya tidak boleh kehilangan akal. Ide-ide konten yang cemerlang harus anda telurkan setiap saat. Tapi, bagaimana jika pengunjung masih saja enggan memberikan komentar?

Rangsang Pembaca Memberi Komentar Pada Artikel Anda

Memberikan kalimat pertanyaan pada akhir posting bisa merangsang pengunjung untuk membubuhkan komentar. Dengan cara itu, secara tak langsung pengunjung merasa kalau anda sedang berkomunikasi dengan anda. Kalimat seperti “Bagaimana menurut anda?” atau “Apa komentar anda?” bisa mendorong mereka untuk menuliskan komentar.

Cara lain yang banyak digunakan oleh blogger untuk meramaikan blog mereka adalah dengan menggunakan situs jejaring sosial (social media website). Misal, friendster, facebook, twitter, dll. Seseorang yang sudah memiliki jaringan kuat di sebuah situs jejaring sosial biasanya lebih mudah menarik pengunjung masuk ke blog yang baru saja ia bangun. Terang saja, kalau anda sudah punya banyak teman online di facebook misalnya, anda pasti gampang sekali mengundang teman-teman anda. Tinggal anda cantumkan alamat blog dan dengan sendirinya mereka mengunjungi anda. Atau, kalau bukan teman di jejaring sosial, biasanya yang akan mendatangi anda adalah teman anda di forum-forum diskusi. Ya, paling tidak mereka mengunjungi anda atas dasar solidaritas karena sudah lama berteman online.

Masalahnya sekarang, bagaimana jika anda tidak aktif di forum maupun di situs jejaring sosial? Tenang, bukan berarti anda tidak bisa mendapatkan komentar yang banyak. Cara-cara ini bisa anda tempuh.

Beri Bonus Untuk yang Baru Pertama Kali Berkomentar

Mintalah Mereka Untuk Berkomentar

Biarkan Mereka Sedikit Beriklan Secara Santun

Bukan Sekedar Dua Arah, Tapi Segala Arah

Beri Penghargaan Sederhana pada Komentator Anda

Membuat Mereka Lebih Loyal Dengan Hadiah Tak Terduga

Balas Jasa Dengan Memberi Komentar Balik

Lazada Indonesia

Share this: