Cara Mengikat Pembaca Agar Tak Pergi dari Blog Anda

Lazada Indonesia

seo Banyak cara untuk meningkatkan tingkat keterbacaan posting blog anda. Tapi poin yang terpenting hanya ada tiga buah, yaitu:

1. Memposting Rutin.

Dulu sebelum saya membuat blog, saya sering mengamati sejumlah blog yang terhitung ramai dikunjungi orang. Dan saya juga pernah mendapatkan sebuah blog yang awalnya sangat ramai tapi kemudian lama-lama jadi sepi. Apa penyebabnya? Berdasar pengamatan saya pemilik blog itu kurang menyediakan waktu untuk mengurus blognya. Salah satu buktinya dia jadi jarang memposting artikel. Yang awalnya setiap dua hari sekali muncul posting baru, kemudian jadi empat hari sekali baru muncul posting baru. Kemudian seminggu sekali. Dan kini tak jelas lagi. Karena terakhir saya cek, posting terbarunya dilakukan dua bulan yang lalu. Mana bisa blog seperti ini disukai pembaca? Anda pun pasti sebal jika berkunjung berulang-ulang ke suatu blog yang sangat anda suka, tapi isinya masih yang lama. Dan kemudian setiap anda berniat mengunjunginya, pikiran anda pasti mengatakan “Ah paling belum di-update.” Dan anda jadi mengurungkan niat mengunjungi blog itu. Dengan begitu berarti blog tersebut sudah kehilangan satu penggemar setianya. Dan ini bisa terjadi pada penggemar-penggemar lainnya. Jadi memposting secara rutin adalah hal penting. Ketika blogger mulai memperlama frekuensi postingnya atau untuk sementara waktu menghentikannya, maka pasti traffic nya akan menurun drastis. Para pembaca setianya keburu haus informasi. Mereka akan pergi mencari blog lain yang menawarkan informasi lebih serius lagi.

Sebaliknya, kalau anda terlalu sering memposting, efeknya juga akan sama. Kenapa? Karena para pengunjung blog anda akan ketinggalan informasi terbaru yang anda sampaikan. Patut diingat, tak semua blogger selalu stand-by di blog anda seharian. Apalagi di Indonesia akses internetnya masih relative susah. Dan kebanyakan blogger biasanya memiliki aktivitas offline. Mereka mengunjungi blog anda kembali setelah 2-3 hari. Ini yang perlu anda perhatikan. Saran saya sebaiknya memposting setiap dua hari sekali. Atau dua-tiga kali seminggu. Dengan setiap artikel panjangnya minimal 300 kata. Jika anda memiliki posting yang panjang sampai 1.000 kata sebaiknya pecah menjadi dua bagian. Ingat, membaca di layar komputer tak senyaman membaca di atas kertas.

2. Buat link antar posting.

Jangan biarkan setiap posting artikel anda tidak memiliki link ke artikel anda lainnya. Ini akan sangat berrmanfaat untuk SEO. Dengan begitu berarti ranking blog anda akan meningkat. Dalam melakukan link internal (link ke sesama posting dalam satu blog) yang perlu diperhatikan: gunakan kata kunci sebagai link. Kata atau frase yang anda pilih sebaga link sebaiknya yang juga menjadi kata kunci di posting lainnya. Sebagai contoh ada kalimat berikut ini: “Ada banyak sekali sumber penghasilan dari blog” Dan anda ingat kalau sebelumnya pernah membuat posting berjudul “10 Sumber Penghasilan Blog”. Maka, kata yang Anda pilih sebagai link adalah “sumber penghasilan dari blog”. Dengan membuat link paling tidak ada dua keuntungan buat anda:

Memudahkan pembaca. Dengan adanya link, pembaca mudah menelusuri untuk mendapatkan informasi yang lebih komplit.

Memperkuat SEO. Dengan adanya back link ke posting sebelumnya akan memperkuat aktivitas SEO yang anda lakukan. Efeknya artikel tesebut juga akan terdongkrak posisinya. Dari kedua keuntungan di atas, yang terpenting dan harus anda ingat adalah fokus untuk meningkatkan manfaat bagi pengunjung. Karena ketika pengunjung anda senang, tanpa segan mereka berulang kali mengunjungi blog anda, membuat link ke blog anda, bahkan mem-bookmark posting anda. Sebaliknya jika pengunjung tidak senang dengan isi posting anda, maka semua kegiatan di atas tak mungkin mereka lakukan. Jangankan memasukkan konten anda ke situs web bookmark, kembali ke blog anda saja mereka tak sudi.

3. Tunjukkan sebagian sisi pribadi anda

Pengunjung datang ke blog anda secara rutin karena mereka memiliki keterkaitan hubungan anda. Mereka merasa mengenal anda. Mereka tertarik dengan sifat personal anda. Karena itu anda bisa ungkap sebagian dari sisi pribadinya untuk mengeratkan hubungan anda dengan mereka. Tapi anda tak perlu mengungkap semua sisi-sisi pribadi anda. Kenapa? Karena alasan pertama pengunjung datang ke blog anda bukan untuk membaca curhat anda, tapi mereka datang karena ingin menyerap apa ilmu dan tips yang anda bagikan. Kalau anda justru lebih banyak bercerita tentang diri anda sendiri, mereka akan menjadi muak. Anda boleh mengungkapkan sebagian sisi pribadi anda. Tapi itupun sebaiknya anda selalu kaitkan dengan topik utama blog anda. Sisi pribadi anda hanya penarik awal bagi mereka. Selanjutnya, setelah mereka merasa nyaman dengan anda, yang lebih mereka perhatikan adalah soal content.

Lazada Indonesia

Share this: