Kesalahan Menampilkan Artikel Blog Tanpa Ejaan Yang Tepat

Lazada Indonesia

Hello Kitty Bagaimana anda menunjukkan kepada pengunjung bahwa anda benar-benar melayani mereka dengan sepenuh hati? Salah satunya adalah dengan memberikan tulisan yang terbaik kepada mereka. Ya, yang saya maksud dengan tulisan terbaik adalah tulisan yang benar dan mudah dimengerti. Anda mungkin bisa berkelakar “Saya sudah fasih kok berbahasa Indonesia,” tapi belum tentu anda bisa menulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Lalu, apakah tulisan yang baik dan benar itu harus sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia? Tidak juga. Masalah tata kalimat, itu tidak terlalu jadi soal. Yang penting, anda bisa menjelaskan kepada para pengunjung dengan bahasa yang komunikatif dan juga ejaan yang tepat. Kesalahan posting blog yang masih kacau dalam hal ejaan. Banyak kata di sana sini yang kurang atau lebih hurufnya.

Nah, inilah yang harus anda perhatikan saat anda menulis untuk blog anda sendiri. Anda boleh sedikit mengabaikan tata kalimat asalkan dapat dimengerti, tapi anda jangan sekali-kali menyepelekan soal ejaan. Mengapa ejaan lebih ditekankan daripada tata kalimat? Bagus, pertanyaan bagus! Saat anda membaca, anda tidak akan terlalu memperhatikan di mana letak subjek, predikat, objek, keterangan, ataupun pelengkap dalam kalimat bacaan tersebut. Yang ada dalam pikiran anda adalah “yang penting bisa dimengerti dan bermanfaat!”. Artinya, kesalahan tata kalimat tidak begitu tampak di mata anda. Namun, bagaimana saat anda mendapati kalimat yang tulisannya salah di sana-sini? Tentu kesalahan ini lebih mengganggu, bukan? Ya, karena kesalahan ejaan lebih bersifat fisik (konkret) dari pada kesalahan tata kalimat yang bersifat abstrak, jadi lebih jelas kekeliruannya.

Tentu, tak mengherankan jika anda sampai berpikiran “Orang ini serius tidak memberi informasi kepada saya, kok tulisannya kacau begini?”. Inilah pentingnya anda belajar hal ini. Ejaan harus lebih anda perhatikan dari pada tata kalimat. Meskipun, diakui, keduanya sama-sama penting. Nah, untuk meneliti apakah ejaan tulisan anda benar atau tidak, ada dua cara mudah:

Mintalah teman anda membaca. Terkadang, saat kita membaca tulisan kita sendiri, kesalahan cenderung sedikit dan sulit dilacak. Namun, cobalah minta teman anda membaca tulisan anda itu, anda akan banyak masukan mereka.

Print out tulisan anda. Membaca tulisan yang sudah diprint out ternyata jauh lebih jelas daripada membaca tulisan di komputer. Coba anda buktikan sendiri… Bandingkah hasil akhir editing anda di komputer dengan hasil editing anda di tulisan. Anda akan menemukan lebih banyak kesalahan dalam bentuk tulisan print out daripada dalam bentuk layar komputer.

Itulah dua cara mudah untuk meneliti ejaan tulisan blog anda. Ini memang terlihat sepele. Tapi, anda akan benar-benar merasa puas dengan hasil editing ejaan tersebut setelah melalui dua proses itu. Apalagi, saat anda meminta teman anda membacanya, anda tidak hanya akan mendapat masukan seputar ejaan, bisa jadi anda juga akan memperoleh masukan tentang isi materi tulisan anda itu. Nah, setelah anda selesai mengedit tulisan anda dari segi ejaan. Barulah anda menampilkannya dalam blog anda... Mudah, bukan?!

Lazada Indonesia

Share this: