Bagaimana Mengatasi Spam Komentar di Wordpress

Lazada Indonesia

Ini salah satu tantangan yang akan anda hadapi saat blogging. Anda akan menerima spam. Spam yang anda terima akan beragam bentuknya. Terutama dalam bentuk komentar. Cara kuno mereka melakukannya adalah dengan melakukan komentar secara manual. Tapi bagi yang sudah berpengalaman, biasanya akan menggunakan software yang dikenal dengan sebutan “spam engine”. Dengan software tersebut mereka bisa melakukan komentar di ribuan blog sekaligus. Dalam komentar itu mereka akan memasukkan link yang mengarahkan ke produk yang mereka promosikan. Software spam yang canggih bahkan bisa membaca fasilitas antispam plug in, seperti verifikasi gambar, yang sudah anda masukkan.

Lalu bagaimana? Dengan menggunakan Wordpress hal itu tak lagi jadi masalah. Anda bisa gunakan plug in Akismet yang bisa didapatkan di Akismet.com. Sampai sekarang, plug in ini yang paling ampuh untuk mengatasi persoalan ini. Ketika Akismet mencurigai sebuah comment adalah spam, biasanya mereka akan menahan tampilnya komentar tersebut.

Kadang karena terlalu curiga, Akismet bisa saja menahan komentar yang sebetulnya bukan spam. Karena itu anda perlu sering mengeceknya di halaman komentar dalam dashboard blog anda. Dan secara manual menghapus komentar yang anda anggap spam, dan menyetujui tampilnya komentar yang bukan spam. Untuk menggunakan Akismet, anda bisa masuk ke dalam akun Wordpress anda untuk menerima API key yang bisa anda pakai untuk memasang plug in tersebut.

Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk mengurangi spam adalah dengan menggunakan plug in HashCash. Plugin ini bisa didapatkan di http://www.elliottback.com/wp/archives/2005/10/23/wordpress-hashcash-30-beta/.

Plugin ini akan menangkal komentar yang menggunakan spam engine. Bahkan ketika itu berulangkali dilakukan oleh orang yang beralamat IP yang sama, secara otomatis plugin ini akan membloknya dalam jangka waktu tertentu.

Bentuk spam lain yang digunakan spammer adalah melakukan trackback. Anda pun bisa mengatasi persoalan ini dengan menggunakan plugin Simple Trackback Validation yang ada di http://www.sw-guide.de/wordpress/simple-trackback-validation-plugin. Plugin ini akan membantu mengurangi trackback spam. Namun meski anda telah menggunakan ketiga plugin tersebut, bukan jaminan kalau blog anda terbebas dari spam. Karena para spammer pasti akan terus mencari cara baru untuk melakukan spam di blog anda. Tapi paling tidak dengan ketiga plugin ini akan sangat membantu anda mengurangi spam yang menyerang blog anda

Lazada Indonesia

Share this: