Petunjuk Membuat Blog yang Memiliki Kharisma

Lazada Indonesia

Apa yang membuat sebuah blog memiliki pengaruh? Banyak yang berpendapat kalau pengaruhnya berhubungan dengan tingginya traffic dan kuatnya loyalitas pembaca blog. Hal itu tak sepenuhnya salah. Namun sebetulnya traffic dan loyalitas pengunjung hanyalah buah dari kuatnya kharisma blog anda. Begitu blog anda memancarkan kharisma, mampu menarik perhatian pengunjung dan mempertahankan perhatian itu, anda bisa mempengaruhi para pengunjung blog anda.

Bagaimana membuat blog jadi berkharisma? Itu pertanyaan anda berikutnya kan? Kuncinya ada pada postingan anda. Posting artikel anda harus mampu menembus sampai level emosional pengunjung. Mampu menghipnotis mereka. Mampu mengikat mereka secara emosional. Artikel anda disampaikan seperti yang mereka inginkan. Tak peduli mengenai tema yang anda sampaikan. Yang penting bagaimana mengemasnya. Bagaimana artikel anda disajikan seperti yang memang mereka mau.

Karena itu anda tak lagi bisa bersikap egois terhadap isi posting anda. Tapi posting yang anda tulis memang yang benar-benar diinginkan pembaca anda. Gaya posting seperti apa yang diinginkan pengunjung? Kebanyakan saya yakin akan menjawab seperti sifat di bawah ini.

1. Sederhana

Semua orang suka yang mudah dan sederhana. Kalau bisa dipahami dengan satu kata, tak perlu sampai beberapa paragraf. Maka penting anda pastikan setiap postingan anda disajikan sederhana. Supaya mereka bisa langsung menangkap maksudnya. Sekalipun yang anda sampaikan berat temanya. Namun kalau anda bisa menyampaikannya dengan sederhana, pengunjung pasti akan sangat berterimakasih pada anda. Yakinlah dan cari selalu cara paling simpel untuk menyampaikan ide-ide anda pada pengunjung. Kesederhanaan bisa membuat pengunjung lebih dekat dengan anda. Kesannya, anda blogger pintar tapi bisa menjelaskan dengan cara yang mereka inginkan. Kalau sudah begitu, mereka bisa ketagihan datang berulang-ulang ke blog anda. Dan tak melewatkan setiap posting yang anda buat.

2. Kejutan

Semua orang saya yakin akan merasa senang dengan kejutan. Kejutan yang menyenangkan akan membuat mereka merasa postingan yang anda sajikan selalu segar. Informasi yang anda sampaikan tak basi. Bagaimana membuat kejutan? Gunakan cara yang berbeda. Anda bisa ambil cara pandang baru atau pendekatan baru dalam postingan anda. Atau bisa juga dengan menggabungkan dua pendekatan menjadi satu. Intinya, tampil beda!

3. Konkrit

Posting yang anda sampaikan betul-betul konkrit. Bisa dipraktekkan langsung oleh pengunjung blog anda. Artinya anda tak mengira-ngira yang anda sampaikan. Yang anda sampaikan betul-betul nyata. Menuliskan posting yang konkret bisa memicu mereka untuk cepat ACTION. Mereka akan mencoba yang anda sampaikan. Karena itu penting sebelum anda menuliskannya, anda perlu mencobanya terlebih dulu. Agar para pengunjung anda tak tersesat dengan isi posting anda.

Coba bayangkan saja kalau anda tak mencobanya terlebih dahulu dan ternyata yang anda sampaikan keliru. Kredibilitas anda menjadi berkurang dan bahkan mereka akan beranggapan isi posting anda tak valid. Setelah itu sangat mungkin mereka enggan datang ke blog anda.

4. Kredibilitas

Blog sukses spektakuler pastilah memiliki kredibilitas. Bahwa blog anda layak dipercayai. Bahwa blog anda memang menghadirkan informasi yang layak diikuti. Untuk mendapat kredibilitas memang tak gampang. Jauh lebih mudah untuk menghancurkannya. Membangun kredibilitas harus dibangun sedikit demi sedikit dan butuh proses. Sedang untuk menghancurkannya sangat mudah. Anda tinggal melakukan tindakan yang tak terpuji maka dalam detik itu juga kredibilitas blog anda akan hancur. Blog anda tak lagi dipercayai.

Karena itu jaga baik-baik kredibilitas blog anda. Kepercayaan yang telah diserahkan pengunjung pada blog anda adalah aset tak ternilai yang harus anda jaga. Bangun kepercayaan pengunjung lewat posting anda dan lewat cara anda berinteraksi dengan mereka. Bangun komunikasi yang intensif. Berikan ilmu yang anda tahu pada mereka dan bantu mereka memecahkan persoalan yang tengah dihadapi.

Lazada Indonesia

Share this: