Rumus Strategic Blogging

Lazada Indonesia

Blogging sukses memerlukan dua tiang penyangga. Pertama, content yang menarik bahkan menghipnotis. Kedua, strategi pemasaran content. Keduanya harus anda kembangkan bersama-sama. Jika pincang salah satunya, maka niatan anda memiliki blog sukses akan gagal total. Untuk membangun sebuah gedung, tentu kita perlu membuat pondasi terlebih dahulu. Jangankan gedung, rumah gubuk pun kita perlu pondasi. Nah, sama halnya dengan bangunan blog anda. Untuk menyangga limpahan pengunjung anda perlu formula agar blog anda mampu berdiri kokoh. Dan, anda cuma perlu menguasai jurus berikut ini...

Strategic Blogging =

Magnetic Content + Marketing Strategy

Anggap saja content adalah barang dagangan anda. Nah, setelah memiliki barang dagangan tentu anda harus memasarkannya. Strategi pemasaran yang baik bisa mendatangkan pengunjung sebanyak yang anda mau. Tidak bisa tidak, pemasaran menjadi ujung tombak semua bisnis. Termasuk bisnis blogging. Setelah anda berhasil menggiring  mereka, anda harus mencari cara paling ampuh untuk memoles content anda agar pengunjung yang datang tidak kecewa. Sebab, setelah anda gencar memasarkan blog, saya yakin orang-orang menyimpan rasa penasaran dan segera ingin tahu seperti apa rupa blog anda. Anda harus membayar rasa penasaran mereka dengan content yang bagus.

Langkah praktisnya begini saja, setelah anda memilih topik blog, anda harus segera membuat artikel yang memikat dan perbanyak jaringan komunikasi (pemasaran). Sebelum saya lanjutkan, mungkin anda bertanya... “Apakah artikel yang memikat adalah artikel yang membuat orang langsung beli produk kita?” Saya jawab... bukan itu. Artikel memikat adalah artikel menarik yang membuat pembaca tersadar akan kharisma dan kredibilitas anda sebagai penulis/blogger/pebisnis. Yang membuat mereka percaya, apapun yang anda tulis layak untuk mereka ikuti. Bahkan seringkali anda tidak menyinggung sama sekali produk anda di setiap artikel yang anda tulis. Dan jika saatnya tiba anda bicara soal produk, mereka secara antusias akan membeli apapun yang anda tawarkan.

Dimanapun, yang namanya blog bagus pasti memiliki artikel yang juga bagus. Content adalah salah satu alasan kenapa orang-orang mau mengunjungi blog anda. Dan, anda memerlukan jaringan komunikasi untuk membawa orang-orang membaca konten anda. Percuma anda punya blog bagus tapi tidak ada pengunjung tahu. Sia-sia! Maka inilah pentingnya proses marketing dalam blogging. Kita harus memasarkan blog dan menyiarkannya ke seluruh penjuru web.

Semakin anda memperbanyak jaringan online, blog anda akan semakin populer. Semakin anda pintar berkomunikasi, semakin anda kebanjiran pengunjung. Ibarat anda memiliki supermarket. Sebelum grand opening anda pasti sudah memikirkan bagaimana caranya agar supermarket ini diketahui banyak orang. Bagaimana caranya memberi tahu seluruh dunia bahwa anda punya supermarket yang lengkap dan tempat yang nyaman untuk berbelanja sekeluarga. Nah, anda perlu mempermudah akses semua orang untuk mengunjungi anda.

Sayangnya, seringkali para blogger tidak bisa menerapkan strategi marketing yang ampuh untuk blog mereka. Kalaupun content yang dibuat sudah luar biasa bagus, blogger biasanya lemah dalam hal marketing. Ini tidak bisa anda sangkal, blogger itu umumnya bukan marketer handal. Nah, jika anda hanya mengandalkan content yang bagus, anda tidak akan bisa sukses. Mau tidak mau, anda bukan cuma jadi penulis yang berkualitas tapi juga harus merangkap sebagai marketer yang handal.

Itulah kenapa saya menempatkan content dan pemasaran sebagai satu rumusan yang tidak bisa dipisahkan. Dua pondasi ini yang menjadi konsep blogging sukses anda.

Strategic Blogging = Magnetic Content + Marketing Strategy

Lalu, bagaimana anda menerapkan konsep ini dalam blog anda? Apakah anda sudah mendapatkan gambaran yang jelas untuk membangun blog sukses dengan dua konsep sederhana ini? Saya yakin anda masih bingung dan bertanya-tanya, “Lalu apa yang harus saya lakukan sekarang?” Sebelum anda melangkah lebih jauh, saya ingin anda pahami dulu pondasi content blog anda. Maksud saya agar content yang ada di blog anda setidaknya bisa menarik pengunjung baru setiap hari. Jadi, setiap saat selalu ada hal baru dan menantang yang anda sajikan untuk pengunjung. Dengan begitu, pengunjung setia anda tidak bosan dengan materi yang anda ulas.

Lazada Indonesia

Share this: