Tips-Tips Khusus Menulis Artikel yang Memikat – tips kesatu

Lazada Indonesia

rumus Blogging Menulis artikel untuk blog sebenarnya tidak jauh berbeda dengan menulis artikel di majalah atau surat kabar. Ya, anda menulis artikel agar bisa dibaca oleh orang lain.  Namun bedanya, di blog anda bisa menulis dengan bahasa santai. Bahkan, lebih dari itu, karena artikel yang anda berikan tersebut, orang lain pada akhirnya mau membeli produk anda.

Berikut beberapa daftar tips-tips saya menulis artikel yang menarik…

1. Judul padat, singkat, dan menarik.

Judul merupakan bagian yang pertama kali dilihat oleh pengunjung saat mendatangi blog anda. Untuk itu, agar pengunjung anda tetap lengket dan terus membaca artikel blog anda, judul haruslah tampil menarik dan sempurna. Saya yakin, anda sudah mulai berpikir, “kalau bicara gampang, tapi prakteknya bagaimana?”. Ini merupakan permasalahan umum yang sering saya temukan bagi para pebisnis online, khususnya yang masih pemula. Pada umumnya, orang sulit menulis judul karena tidak tahu kata pertama yang harus dia tulis. Tapi, anda jangan kawatir. Untuk membuat judul yang menarik, anda butuh beberap trik, antara lain:

Gunakan selalu frasa “bagaimana anda atau saya..” (how to). Saya jamin, setelah anda menggunakan kata ini pertama kali, anda tidak akan kesulitan membuat kata-kata selanjutnya. Gunakan selalu kata “bagaimana…” untuk setiap judul yang anda buat. Lalu, fokuskan pada masalah yang ingin anda pecahkan dalam artikel anda itu.

Jika anda ingin menceritakan metode berbisnis online yang sukses kepada orang lain, anda jangan menulis “Metode Sukses Berbisnis Online” atau “Tata Cara Berbisnis Online yang Benar”, dan sebagainya. Jujur, pengunjung akan merasa jenuh dengan judul tersebut. Percayalah, mereka akan berpikir bahwa metode anda tidak jauh berbeda dengan metode-metode konvensional yang lain.

Untuk itu, agar terlihat berbeda dan lebih menjanjikan, cobalah untuk menulis “Bagaimana Mendatangkan Uang Melimpah dari Internet?”, “Bagaimana Anda Meningkatkan Penghasilan Jutaan Rupiah lewat Internet?”, “Bagaimana Blog Bisa Membuat Anda Menjadi Seorang Milyarder?”, dan sebagainya. Saya yakin, pengunjung akan merasa lebih tertantang untuk membaca artikel anda seluruhnya.

Berkisar 3 – 10 kata. Yang saya maksud singkat di atas bukan berarti singkat yang terdiri satu atau dua kata saja, tapi juga padat. Jika anda menulis judul hanya satu atau dua kata saja, ini tentu tidak akan membuat orang merasa penasaran. Ingat, anda tidak sedang menulis artikel untuk media massa atau jurnal yang lebih senang pada judul-judul yang singkat dan filosofis. Tapi, anda sedang menulis untuk keperluan marketing. Jadi, upayakan bahasanya mirip dengan bahasa marketing, selalu menggugah dan membuat orang merasa takjub dengan judul tersebut.

Begitu pula, jangan terlalu panjang membuat judul. Jika anda membuat judul dengan puluhan kata, pengunjung bisa menganggap itu bukan judul. Untuk itu, saya sangat menyarankan agar anda membuat judul tidak kurang dari 3 kata dan tidak lebih dari 10 kata. Saya yakin, judul anda akan terlihat lebih efektif dan enak dibaca.

Bagaimana? Apakah anda mau berlatih membuat judul? Atau jangan-jangan anda sudah menemukan judul yang menarik untuk artikel anda? Jika anda sudah siap dengan judul artikel anda, kita langsung lanjutkan pada tips kedua.

 

Selanjutnya baca Tips-Tips Khusus Menulis Artikel yang Memikat – tips kedua

Lazada Indonesia

Share this: