Tips-Tips Khusus Menulis Artikel yang Memikat – tips kedua

Lazada Indonesia

blogging Fokus pada topik. Jika anda sudah tidak bisa melanjutkan materi artikel anda karena kekurangan bahan, berhentilah sejenak. Carilah bahan-bahan yang mendukung artikel anda terlebih dahulu. Jangan sekali-kali menulis seadanya. Ingat, artikel anda merupakan jembatan yang akan dilewati oleh pengunjung untuk menuju produk anda. Jika anda memberikan informasi yang bertele-tele, pengunjung bisa saja langsung menutup blog anda dan beralih ke blog-blog lain. Anda tidak ingin seperti itu, kan?

Untuk itu, berusahalah untuk fokus pada topik yang anda angkat dalam blog tersebut. Jika anda mengambil topik seputar software, bicarakanlah hal-hal yang berhubungan dengan software. Jangan sekali-kali meloncat ke materi lain yang sama sekali tidak berhubungan dengan software. Untuk melatih agar anda fokus pada topik, cobalah beberapa trik cerdas berikut:

Buatlah draft. Anda boleh saja bilang bahwa draft akan menghambat kebebasan anda menulis. Tapi, anda juga perlu ingat bahwa draft akan membantu anda untuk menulis secara sistematis dan terarah. Anda tidak perlu khawatir tersesat di tengah proses penulisan karena draft akan menuntun anda pada tujuan yang jelas.

Begitu pula, anda tidak perlu was-was menulis materi yang terlalu luas dan terlalu sempit, karena draft akan membantu anda membatasi materi tersebut untuk setiap subbab dalam artikel anda. Bagi penulis pemula, draft atau rancangan penulisan sangat dibutuhkan.

Buatlah pertanyaan. Apa kegunaan pertanyaan? Sebenarnya… pertanyaan dalam suatu artikel akan membantu anda lebih fokus dan sistematis dalam penulisan. Jika anda tidak memungkinkan untuk membuat subbab-subbab dalam artikel anda, pertanyaan akan membuat anda lebih fokus pada topik yang anda bicarakan. Caranya?  Buatlah beberapa pertanyaan untuk satu artikel. Posisikanlah diri anda sebagai pembaca. Jika anda mendapatkan judul tentang bagaimana mendapatkan uang dari internet, saya yakin anda sudah bertanya-tanya dan menduga-duga materi apa yang akan anda dapatkan dari artikel tersebut.

Nah, dugaan-dugaan dan pertanyaan-pertanyaan inilah yang harus anda manfaatkan. Tulislah pertanyaan-pertanyaan seputar topik yang anda angkat. Susunlah pertanyaan tersebut agar lebih teratur dan jelas alurnya. Lalu, tulislah jawab-jawabannya dengan model artikel marketing. Mudah, bukan? Ya, fokus pada topik memang sulit. Tapi, itu tidak akan terjadi lagi jika anda mau mengikuti dua trik yang saya tawarkan di atas. Anda tidak perlu khawatir ‘mandeg’ di tengah penulisan atau pembahasan anda terlalu melebar, karena dua trik di atas akan menuntun anda memecahkan dua masalah ini. Untuk itu, cobalah mulai menulis draft mulai dari sekarang. Setelah itu, kita lanjutkan pada tips selanjutnya…

 

baca Tips-Tips Khusus Menulis Artikel yang Memikat – tips ketiga

Lazada Indonesia

Share this: