Tips-Tips Khusus Menulis Artikel yang Memikat – tips ketiga

Lazada Indonesia

Content BloggingSetelah anda memiliki judul dan draft, langkah yang harus anda lakukan selanjutnya adalah mengumpulkan bahan artikel / posting. Anda boleh saja menulis artikel seputar internet marketing sesuai dengan pandangan dan pengalaman anda pribadi, tetapi alangkah lebih baiknya jika anda memiliki bahan, panduan, atau referensi tentang topik yang anda tulis itu.

Bahan akan sangat berguna untuk memperkaya pengetahuan tentang topik yang anda tulis. Bahan juga akan membantu anda jika tiba-tiba anda ‘berhenti’ di tengah pembahasan. Namun, bahan yang saya maksud bukan sembarang bahan. Anda harus tepat memilih dan memilah bahan yang berkualitas dan bisa dipercaya. Berikut ini saya berikan trik-trik memilih bahan yang baik:

Lihatlah latar belakang penulis. Latar belakang di sini bukan berarti latar belakang pendidikan. Apapun latar belakang penulis tidak menjadi masalah asalkan artikelnya bagus. Yang saya maksud dengan latar belakang adalah pengalaman-pengalamannya. Jika anda mencari artikel atau informasi lain sebagai bahan penulisan artikel anda sendiri, cobalah terlebih dahulu lihat siapa penulisnya, bagaimana pengalamannya, dan apa yang telah dia hasilkan. Jika penulisnya hanyalah pemula ‘amatiran’ yang menulis menurut pengetahuan dan pendapat mereka, saya harap, anda pertimbangkan dulu.

Yang terbaik bagi anda adalah carilah bahan yang ditulis oleh orang-orang berpengalaman dan dipercaya. Jika bahan tersebut berupa buku, anda lihat biografi pengarangnya atau pendapat beberapa pakar. Tapi, jika bahan tersebut berupa artikel di internet, silakan ikuti trik selanjutnya…

Lihatlah komentar pengunjung. Apa hubungannya? Bagus, anda sudah mulai terbuka rupanya. Begini, untuk menentukan apakah bahan atau informasi yang anda pilih tersebut benar-benar dipercaya, cobalah lihat jumlah pengunjung yang mengomentari informasi itu. Jika ada banyak pengunjung yang mengomentari tulisan itu berarti sudah bisa dipastikan kualitasnya juga bagus dan penuh pertimbangan. Eits…tapi tunggu dulu. Anda juga harus meneliti terlebih dahulu, apa isi komentar itu. Jika komentar tersebut justru berisi ejekan atau kritik berarti informasinya masih belum bisa dipercaya. Untuk itu, carilah bahan atau informasi yang berisi komentar-komentar positif dari pengunjung, seperti pujian dan testimoni mereka.

Perlu anda catat, bahan akan sangat membantu anda menulis dengan gaya, tata letak, dan tata cara penulisan yang benar. Sebab, banyak para pebisinis online yang hanya menulis artikel tanpa susunan dan karakter penulisan artikel marketing yang baik. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada kepercayaan pembaca. Untuk itu, usahakan anda memiliki panduan dan contoh bahan yang bisa menuntun anda untuk menulis. Setelah itu, silakan lanjutkan pada tips selanjutnya…

 

baca Tips-Tips Khusus Menulis Artikel yang Memikat – tips keempat

Lazada Indonesia

Share this: