Tips-Tips Khusus Menulis Artikel yang Memikat – tips keempat

Lazada Indonesia

Tips Menulis ArtikelDari sekian banyak tips-tips yang telah dan akan saya berikan, tips keempat inilah yang—menurut saya pribadi—paling penting. Headline! Inilah yang terpenting. Karena headline ini, banyak orang yang mau berkunjung ke blog saya.  Saya yakin, sebagian besar dari anda berkunjung ke blog ini karena terpengaruh oleh headline yang saya tulis Ebook Rahasia Blogging, Rumusan Membuat Blog Sukses Spektakuler.

Anda masih belum tahu di mana headline itu saya letakkan? Namanya saja headline(pokok/kepala berita), berarti letaknya biasanya ada di atas suatu berita atau artikel. Perlu anda ketahui, dalam internet marketing, headline merupakan penentu apakah produk tersebut akan laku atau tidak. Ya, headline biasanya ditulis dengan kata-kata yang cukup persuasif (ajakan) dan bahkan mempropaganda. Selain menarik perhatian pembaca, headline juga bisa membuat pembaca terkejut dan tercengang. Untuk itu, pintar-pintarlah memilih kata-kata untuk headline anda. Tapi, bagaimana caranya? Anda tidak perlu bingung. Saya punya beberapa trik. Silakan anda simak baik-baik:

Gunakan selalu kata-kata “bagaimana..”, “jika..”, “jutaan…”, dan “uang…”. Setiap kali anda ingin menulis headline, usahakan tulisannya terdiri dari empat kata di atas. Jika artikel anda tidak ada hubungannya dengan uang, gunakan saja kata “jika” dan “bagaimana”. Saya perlu beritahukan pada anda, hampir semua buku-buku marketing yang best seller selalu menggunakan kata “bagaimana” atau “how to” dalam judul dan headlinenya untuk menarik perhatian pengunjung. Jadi, tidak ada alasan lain yang bisa anda gunakan untuk tidak menggunakan kata “bagaimana”. Jika anda tidak menggunakan kata “bagaimana”, gunakan kata “jika”. Saya jamin, headline anda akan menyedot banyak perhatian orang yang mengunjungi blog anda. Apalagi, jika anda menambahkan kata-kata “jutaan” atau “uang”, ini tentu membuat orang penasaran dengan artikel anda.

Buatlah sensasi yang mengejutkan pembaca. Jika anda dihadapkan pada dua headline berikut “Dapatkan satu buah laptop hanya dengan bisnis internet marketing…” dan “Dapatkan sebuah laptop gratis hanya dengan modal 50 ribu!...”, mana yang paling mengejutkan anda? Saya yakin, anda serentak menjawab headline yang kedua. Ya, karena headline tersebut telah membuat anda terheran-heran, bagaimana bisa mendapatkan laptop dengan modal 50 ribu? Inilah yang perlu anda perhatikan. Perumpamaannya begini, jika pesaing anda hanya menggunakan kata satu laptop, anda harus menggunakan dua laptop. Jika pesaing anda menggunakan tiga laptop, anda harus menggunakan lima laptop. Begitu seterusnya…buatlah pembaca benar-benar terpesona dengan temuan dan informasi yang akan anda tulis itu. Perlu anda ketahui, trik kedua ini dilakukan jika anda tidak bisa menggunakan trik yang pertama. Tetapi yang paling baik adalah menggabungkan kedua trik tersebut menjadi satu. Saya jamin, pembaca akan terburu-buru ingin mengetahui isi artikel anda. Setelah itu, ‘biuslah’ mereka dengan gaya penulisan artikel anda. Caranya? Silakan ikuti langkah selanjutnya…

Gunakan Gaya Marketing. Menulis artikel untuk keperluan bisnis online tentu  berbeda dengan menulis artikel untuk media massa atau jurnal. Perbedaan yang paling menonjol terletak dari gaya dan karakter penulisan masing-masing media tersebut. Jika anda menulis untuk media massa, anda haruslah memakai bahasa-bahasa populer dan sedikit berunsur jurnalistik. Sedangkan untuk jurnal, anda sepenuhnya harus memakai bahasa-bahasa ilmiah. Tapi, anda yang menulis artikel untuk kepentingan bisnis online, bahasa yang harus anda gunakan adalah bahasa-bahasa marketing.

Baca Tips-Tips Khusus Menulis Artikel yang Memikat – tips kelima

Lazada Indonesia

Share this: