Rahasia Mendapatkan Komentar Berlimpah – part four

Lazada Indonesia

Setiap orang suka dihargai. Semua orang ingin dianggap ada. Nah, salah satu cara untuk membuat pengunjung anda bangga mengunjungi blog anda adalah dengan membuatkan fitur thanks to. Di sini anda bisa menyampaikan terima kasih anda kepada pengunjung yang rajin datang ke blog anda. Saya yakin pengunjung yang namanya masuk dalam daftar ini akan semakin senang mengunjungi anda.

Beri Penghargaan Sederhana pada Komentator Anda

Kelihatannya penghargaan ini sederhana. Tapi, efeknya sungguh luar biasa. Ya, nama yang ditampilkan dalam fitur thanks to akan dibaca oleh pengunjung yang lain. Misalnya nama yang anda tampilkan adalah Luna Maya. Pengunjung lain yang membaca nama Luna Maya akan berpikiran bahwa seorang Luna Maya juga bisa menjadi pengunjung setia di blog mereka. Bagaimana tidak? Orang seperti Luna Maya ini tentunya netter yang suka berkorespondensi secara online. Buktinya ia sering mengunjungi blog anda. Nah, sudah tentu Luna Maya suka menjalin hubungan dengan sesama blogger. Maka tidak ada salahnya jika pengunjung blog anda berpikir orang ini bisa jadi teman mereka juga. Otomatis, mereka akan mengunjungi blog Luna Maya dan segera menjalin persahabatan. Jadi, tidak sia-sia jika anda mencantumkan nama pengunjung anda di daftar thanks to. Sungguh ini sangat bermanfaat untuk pengunjung anda yang lain. Di samping fitur thanks to, ucapkan juga terimakasih pada balasan komentar anda. Ungkapan terimakasih merupakan penghargaan sederhana yang terbukti manjur mengikat loyalitas pengunjung. Dengan begitu mereka merasa anda perhatikan dan hargai.

Membuat Mereka Lebih Loyal Dengan Hadiah Tak Terduga

Hadiah tak terduga? Kejutan? Kenapa tidak! Sesekali berikan hadiah-hadiah yang berarti untuk pengunjung anda. Misal, berikan backlink pada komentator yang rajin mendatangi blog anda. Atau, libatkan mereka pada proyek-proyek bisnis yang menguntungkan. Bisa juga anda ajak mereka untuk bekerja sama (join venture). Tentu untuk bekerja sama dengan mereka anda harus teliti dulu apakah mereka punya kualifikasi yang anda perlukan.  Ingat, hadiah bukan cuma berupa ebook, video, atau benda-benda fisik. Penawaran-penawaran proyek juga bisa membuat pengunjung anda antusias pada anda. Intinya, berikan pengunjung anda berbagai keuntungan yang mungkin tidak bisa mereka dapatkan di blog lain. Saya percaya pengunjung yang sudah menikmati hadiah anda tidak akan pernah hengkang dari blog anda. Bahkan mereka akan memberitahukan pada semua teman online mereka bahwa anda adalah blogger yang banyak memberikan manfaat untuk blogger lain.

Balas Jasa Dengan Memberi Komentar Balik

backlink

Kalau pengunjung anda sudah beramai-ramai berkomentar di blog anda, apakah anda tidak perlu membalas komentar mereka? Ibarat bertetangga, jika anda sering diberi penganan oleh tetangga sebelah rumah anda, apakah anda tidak berniat membalas kebaikan mereka? Sebagai blogger anda wajib melakukan kunjungan ke blog lainnya. Jalin silaturahmi dan jangan bersikap dingin pada pengunjung-pengunjung anda. Air susu jangan dibalas dengan air tuba. Balas komentar pengunjung dengan komentar yang baik-baik. Pompa semangat mereka. Ingat, dimanapun kata-kata motivasi itu lebih ampuh merekatkan jalinan persahabatan. Tentu anda tidak ingin komentar-komentar yang sudah anda timbun itu jatuh berguguran, bukan? Tebarkan sikap positif dan optimisme yang tinggi. Bisnis blog anda tidak akan berhenti dalam waktu singkat selama anda memiliki teman-teman yang setia  mendampingi anda di dunia online. Bahkan ketika anda ditimpa berbagai masalah, teman-teman inilah yang akan membela anda. Kompetisi bisnis online juga bisa berlangsung sangat sengit. Pun, bisa mengarah pada persaingan yang tidak sehat. Orang-orang yang tidak suka dengan anda dan produk anda bisa saja berusaha menjatuhkan citra anda. Tapi, jika anda memiliki teman-teman yang setia, tanpa komando mereka akan membela anda. Well, semua itu bisa anda lakukan jika anda benar-benar memberikan yang terbaik untuk pengunjung anda. Jangan lupa, mari berbagi ilmu dan pengalaman. Oya, satu lagi... jangan pelit-pelit berbagi bonus yang berharga. Setuju?

Lazada Indonesia

Share this: