Rahasia Mendapatkan Komentar Berlimpah – part three

Lazada Indonesia

 Adsense camp

Biarkan Mereka Sedikit Beriklan Secara Santun

Anda bisa menawarkan pengunjung iklan gratis di blog anda. Syaratnya, mereka harus berkomentar selama dua minggu di blog anda. Itu cuma contoh. Anda bisa kembangkan sendiri model kerja samanya. Salah satu tujuan orang berkomentar adalah agar paling tidak menautkan back link. Ya, di blog saya ada banyak orang yang rajin berkomentar. Saya sering menyebut mereka komentator setia. Nah, untuk memberikan perhatian pada mereka saya biarkan mereka mencantumkan alamat blognya di bawah komentar. Ini selama komentar mereka bagus. Nah, kalau nama blog mereka dibaca oleh pengunjung saya, kemungkinan besar pengunjung saya akan penasaran dan nantinya langsung datang sendiri ke blog yang bersangkutan.

Setiap orang pasti menginginkan blog mereka ramai. Nah, begitu juga dengan komentator setia yang saya punya. Mereka juga memiliki blog. Mungkin hits dan traffic mereka kurang memuaskan. Nah, mereka coba beriklan di blog saya tapi, tidak secara terang-terangan. Ya, itu tadi dengan cara banyak berkomentar. Kalau nama mereka sudah ada dalam daftar top komentator, biasanya mereka akan mendapatkan imbalan berupa backlink dari pemilik blog. Kalau tidak ditautkan di artikel, ya bisa juga alamat blog mereka langsung ditampilkan. Berbeda halnya jika anda ingin menampilkan nama blog anda di blog orang lain. Kalau anda melakukannya secara terang-terang, pesan anda akan dijaring sebagai spam. Misal, di bagian akhir komentar ditambahi nama blog. Jika komentar mereka bagus, biasanya saya ijinkan link mereka ditampilkan. Tapi tidak semua blogger menerima hal ini. Kadang mereka tidak mau ambil pusing, dan menghapus kementar yang mengandung spam.

Bukan Sekedar Dua Arah, Tapi Segala Arah

Blog sangat memungkinkan anda untuk menjalin komunikasi dengan pengunjung anda. Beruntung, komunikasi ini tidak hanya berjalan searah antara anda sebagai pemilik blog dengan seorang pengunjung saja. Dengan adanya box komentar, sesama pengunjung blog pun bisa saling berinteraksi. Nah, ini tugas anda selanjutnya. Buatlah suatu kondisi di mana sesama pengunjung bisa saling menanggapi. Misal, si A berkomentar. Dan si B ikut  menanggapi komentar A. Lalu anda bergabung dan menanggapi keduanya. Atau jika perlu libatkan komentar si C agar ia mau bergabung dalam obrolan anda bersama A dan B. Lalu bagaimana membuat kondisi yang seperti ini? Caranya, dalam setiap artikel, jangan lupa untuk memberikan pertanyaan-pertanyaan pada pengunjung. Nah, pertanyaan inilah yang akan pengunjung anda respon dan mereka siap memberikan jawaban di box komentar. mudah, bukan?

Oh ya, tentunya anda juga harus aktif menjawab komentar di blog anda. Kalau anda malas menjawab komentar di blog anda, tentu pengunjung juga malas untuk berkomentar kembali. Sebab anda tak pernah menanggapinya. Dalam menjawab komentar, anda juga harus selalu lakukan dengan santun. Sekalipun mungkin pengunjung yang berkomentar marah-marah, anda tak perlu ikut terpancing. Karena itu menunjukkan seperti apa kepribadian anda.

baca Rahasia Mendapatkan Komentar Berlimpah – part four

Lazada Indonesia

Share this: