Rahasia Mendapatkan Komentar berlimpah – part two

Lazada Indonesia

free bonus

Beri Bonus Untuk yang Baru Pertama Kali Berkomentar

Berikan bonus misalnya ebook kepada mereka yang baru pertama kali berkunjung dan berkomentar di blog anda. Kalau anda belum membuat ebook, anda bisa menawarkan pemasangan iklan gratis di blog anda untuk mereka yang berkomentar pertama kali. Atau apa saja yang mungkin menarik minat mereka untuk berkomentar di blog anda. Apalagi jika bonus anda berbeda dengan bonus gratisan lainnya. Bonus gratisan bisa diunduh oleh siapa saja dan kapan saja. Sedangkan bonus khusus yang anda berikan untuk pemberi komentar bukan ebook yang bisa dimiliki semua orang dengan mudah.

Jadi, timbul kompetisi yang sehat sesama pengunjung blog anda. Karena sudah ada persaingan, maka pengunjung pasti menganggap ebook anda sangat berharga. Jelas, tidak semua orang bisa mendapatkan ebook ini. Trik ini terbukti sangat efektif diterapkan untuk blog yang belum mempunyai massa. Semua orang suka produk gratis. Ini yang harus anda manfaatkan. Benar, secara psikologis tidak ada orang yang mau melewatkan “rejeki” begitu saja. Asal produk gratisan anda benar-benar bermutu, saya yakin pengunjung selalu menantikan produk-produk gratisan anda yang lain. Sekarang silakan anda berkreasi, kira-kira produk apayang paling tepat untuk anda berikan pada komentator pertama di blog anda? Janganlupa untuk selalu mengadakan kompetisi! Agar, mengunjungi blog anda jadi lebih mengasyikkan.

Mintalah Mereka Untuk Berkomentar

Selanjutnya, apa lagi langkah yang bisa anda ambil untuk meraih apresiasi pengunjung? Misal, pada setiap akhir artikel anda minta pengunjung untuk berkomentar. Jangan malu-malu, langsung saja tanyakan bagaimana pendapat mereka tentang blog anda. Cara ini sangat ampuh jika anda mencari pengunjung yang benar-benar loyal. Tanpa anda beri imbalan apapun pengunjung yang mau memberi masukan adalah pengunjung  yang benar-benar memperhatikan perkembangan blog anda. Tentunya, pengunjung seperti ini bisa anda dapat selama anda selalu memberikan pada mereka yang terbaik. Bukan cuma hadiah saja yang anda bagi, tapi ilmu dan pengalaman justru yang paling mereka butuhkan dari anda.

Permintaan berkomentar bisa anda letakkan pada akhir setiap posting. Tak usah ragu mitalah mereka untuk berkomentar di blog anda. Cara lainnya bisa juga dengan mengirimkan email ringkasan posting terbaru ke blog anda dan sertakan juga permintaan komentar pada email tersebut. Misalnya dengan kalimat “Silakan baca artikel tersebut dan saya nantikan komentar anda”. Oh ya penting juga untuk memastikan cara berkomentar mudah dilakukan pengunjung. Kadang di beberapa blog, ada yang sangat sulit untuk memberikan komentar. Misal ada blogger yang memberikan captcha, semacam sistem pengaman komentar dari resiko spam. Akibatnya, mereka yang semula berniat berkomentar, namun karena kesulitan akhirnya tak jadi berkomentar dan dengan segera meninggalkan blog anda. Pastikan area komentar di blog anda bisa dipakai dengan mudah.

baca Rahasia Mendapatkan Komentar berlimpah – part three

Lazada Indonesia

Share this: